Penyuluhan Kamtibmas dalam Rangka TMMD Ke-121 Kodim 0904/Paser Mewujudkan Lingkungan Yang Aman dan Tertib


Kodim 0904/Paser Korem 091/ASN Kodam VI/Mlw, Kecamatan Batu Sopang. Bertempat di Aula Kantor Desa Sungai Terik Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser, telah dilaksanakan Penyuluhan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sebagai bagian dari kegiatan Sasaran Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Tahun 2024 Kodim 0904/Paser. Jumat (9/8/2024)


Dalam kegiatan tersebut, Binmas Polres Paser, Aiptu Yusuf, bertindak sebagai narasumber. Penyuluhan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Tokoh Adat (Todat), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), serta warga Desa Sungai Terik.


Narasumber menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan bidang Kamtibmas. Menurutnya, keamanan adalah hak dasar yang harus dimiliki dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.


“Keamanan merupakan hak hakiki yang mendasar, dan itu harus dirasakan oleh semua masyarakat,” tegas Aiptu Yusuf.


Aiptu Yusuf menekankan bahwa terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat tidak terlepas dari peran serta aktif masyarakat yang dikoordinir oleh tokoh-tokoh setempat.


“Rasa aman tidak bisa diciptakan oleh TNI-Polri saja, tetapi keamanan terwujud dari kesadaran masyarakat sendiri,” ujarnya.


Ia juga menyoroti bahwa salah satu upaya untuk menciptakan keamanan di masyarakat, khususnya di Paser adalah dengan dibentuknya Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Terpadu yang Berbasis Desa Adat). Sipandu Beradat ini merupakan sistem keamanan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat adat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan mereka.


Aiptu Yusuf juga menegaskan bahwa Kamtibmas yang bisa terbangun dan dirasakan oleh masyarakat adalah hasil dari kerjasama semua lapisan masyarakat dan pemerintah, termasuk TNI dan Polri.


Penyuluhan Kamtibmas ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Desa Sungai Terik. Partisipasi aktif dari Todat, Tomas, dan Toga menunjukkan komitmen yang kuat dari masyarakat setempat untuk mendukung upaya peningkatan keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.


Dim 0904/Psr

Posting Komentar

0 Komentar