Didampingi Menteri Pertanian & Menteri PUPR, Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pompa Air Kepada Para Petani


UNGARAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Pompa Air kepada petani di Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Rabu (19/2024) siang. Selain memberikan bantuan Pompa Air, Jokowi dan rombongan juga melakukan peninjauan langsung saluran irigasi di Desa Kalibeji khususnya pada lahan persawahan di Dusun Beji Wetan dan Beji Rejo, Desa Kalibeji. 


Di Desa Kalibeji ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan langsung saluran irigasi dan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa Pompa Air. Pompa air ini digunakan para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani "Ngudirejo" dan Kelompok Wanita Tani "Puspo Arum". 


"Bantuan Pompa Air kepada para petani Desa Kalibeji ini merupakan salah satu langkah antisipasi menghadapi kekeringan pada musim kemarau panjang. Kemarau panjang ini bisa saja terjadi di Indonesia. Jumlah keseluruhan bantuan pompa air yang diberikan kepada kelompok tani di seluruh provinsi di Indonesia ada 75.000 unit. Hingga sekarang ini, sudah disalurkan sebanyak 25.000 unit pompa air," terang Jokowi, lebih lanjut. 


Jokowi menambahkan, harapannya dengan diberikan bantuan berupa Pompa Air ini, ke depannya dapat meningkatkan produktifitas petani di Indonesia dan terkhusus di Jawa Tengah. Sampai saat ini, telah didistribusikan sebanyak 4.300 unit Pompa Air. Selain bantuan diberikan kepada para petani di Kabupaten Semarang ini, hal serupa diberikan kepada petani di Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Klaten. 


"Harapannya, dengan menggunakan Pompa Air ini, para petani dalam satu tahun bisa panen dua kali. Bahkan, akan bisa panen tiga kali dalam setahunnya. Ini sesuai dengan harapan pemerintah melalui Program Pompanisasi. Khususnya Desa Kalibeji ini, kami berharap dapat untuk mengairi lahan persawahan seluas 77 hektare," kata Jokowi. 


Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan para pejabat Pemprov Jateng. Kehadirannya di Desa Kali Beji disambut langsung Bupati Semarang H Ngesti Nugraha, Sekda Djarot Supriyoto, Forkopimda Kabupaten Semarang. Selain itu, para Kepala OPD di Pemkab Semarang maupun  para Camat dan Kepala Desa (Kades). Bahkan, tidak ketinggalan adalah para petani dari Desa Kalibeji. (SANTOSO).

Posting Komentar

0 Komentar